KISPI (Kajian Ilmiah Sosial Politik Islam)

Islam bukan hanya sekedar ajaran yang mengurus hubungan manusia dengan Rabbnya. Islam adalah agama paripurna, mengatur seluruh aspek kehidupan manusia termasuk politik kenegaraan. Beranjak dari keparipurnaannya tersebut, Islam tidak memisahkan antara kehidupan agama dan politik sebagaimana tidak memisahkan hablumminallah dan hablumminannas.
Pada masa modern perdebatan tentang hubungan antara agama (Islam) dan negara masih tetap terjadi dalam berbagai intensitas. Wacana ini kemudian menciptakan dikotomi dalam kelompok-kelompok dan pemikir muslim. Dewasa ini juga telah banyak kelompok Islam yang mengejewantahkan penafsiran atas sumber-sumber asli Islam melalui berbagai organisasi, serta para pemikir muslim yang berkecimpung dalam pengembangan pemikiran tapi tidak secara khusus terjun dalam kelompok-kelompok tertentu.
Banyak sekali pemikiran tentang sosial politik khususnya kenegaraan yang digagas oleh pemikir-pemikir muslim. Tidak sedikit dari pemikir-pemikir tersebut memberikan sumbangan yang luar biasa terhadap peradaban. Akan tetapi dilain sisi sangat banyak juga pemikiran mereka yang terhimpit oleh peradaban dan cenderung terlupakan. Fakta inilah yang masih perlu banyak digali melalui berbagai kajian mengenai sosial politik islam.
Berangkat dari sinilah, Departemen Semi Otonom Al-Hikmah Research Centre FSI FISIP UI 2012 berencana untuk menyelenggarakan acara Kajian Ilmiah Sosial Politik Islam (KISPI) dengan tema “Konsepsi Negara dalam Islam dan Kontribusinya dalam Pembentukan NKRI”. Diharapkan acara ini mampu menjadi sarana pendorong munculnya para intelektual muda Universitas Indonesia yang mampu berkontribusi memecahkan masalah-masalah bangsa. Menggali berbagai hal yang berkaitan erat dengan Islam dan konsepsi negara yang nantinya mampu memberikan kontribusi positif, kritis, dan membangun untuk kebaikan peradaban bangsa ini.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
Powered by Blogger