Terbalapnya Nilai oleh Norma

Seorang teman pernah berkata, “Peraturan itu dibuat untuk dilanggar.” Seorang teman yang lain pernah juga berkata ketika melanggar peraturan, “Ah, gak ada yang ngelihat ini.” Bahkan diri kita sendiri pun masih sering melihat kanan kiri, setelah yakin aman, lalu melakukan hal yang sebenarnya dilanggar. Seakan-akan, hati-hati kita ini berujar, “Selama bisa melanggar, kenapa harus patuh?” Contoh kasusnya banyak, mulai dari hal yang kita anggap sepele seperti lalu lintas, hingga masalah besar seperti pajak. Mengapa ini bisa terjadi?

Sebelum menjawab, saya akan sedikit menceritakan perihal nilai dan norma. Kedua istilah itu dikenal sebagai salah dua konsep yang merupakan bahasan dari sosiologi. Nilai merupakan hal abstrak yang menjadi kecenderungan kita dalam menyikapi sesuatu, mana yang disebut baik-buruk, benar-salah, indah-buruk, dsb. Adapun norma merupakan konkretisasi dan kesepakatan masyarakat atas nilai bersama. Jadi, kalau saya gambarkan, prosesnya dimulai dari berkumpulnya nilai-nilai semua atau sejumlah orang lalu tercapailah kata sepakat, baik dengan cara partisipatif maupun otoritatif. Namun sayangnya, realitanya tidaklah selurus itu. Gambaran ini nampaknya pun harus kita pikir ulang.

Coba lihat kembali beberapa kasus yang saya beberkan awal tulisan ini! Berbagai macam ketidakpatuhan itu adalah indikasi. Indikasi dari terbalapnya nilai oleh norma. Berbagai norma diberlakukan tanpa adanya kesadaran akan nilai. Inilah kuncinya. Ketiadaan kesadaran yang membuat orang hanya patuh jika ada yang melihat.

Terus bagaimana dong?
Itulah mengapa Islam mengawali perubahan manusia dari keyakinannya, dari kesadarannya. Bagaimana manusia dibuat hanya menghambakan dirinya kepada Allah SWT saja. Hanya mengikuti peraturan Allah SWT saja. Lihat! Allah yang memiliki kekuasaan tertinggi. Allah yang membuat aturan, mengawasi, dan menegakkannya. Kita tidak bisa menghindar atau menyembunyikan diri saat berbuat kesalahan, karena Allah Maha Melihat. Maka, ketika dalam benak kita telah terdapat kesadaran akan kekuasaan Allah SWT dan keharusan kita untuk mematuhinya, masihkah kita merasa tidak diawasi?

Adapun terkait masalah terbalapnya nilai oleh norma, Islam juga telah memberikan kita hikmah. Bayangkan! Rasulullah butuh waktu 13 tahun untuk membina para sahabat, hanya terkait Aqidah (Keyakinan-Kesadaran akan Allah SWT). Hmm, tidak pas juga mungkin jika saya menyebutnya dengan hanya. Karena membenahi keyakinan dan kesadaran itu memang sulit. Akan tetapi, ketika keyakinan-kesadaran itu terbentuk. Adakah sulit untuk menegakkan syariat (norma)?

*Terinspirasi dari BAB II (Karakteristik Manhaj Al Quran dalam Dakwah) dalam buku Petunjuk Jalan, karangan Sayyid Qutb

Muhammad Alfisyahrin
Manajer Kampanye ARC FISIP UI 

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
Powered by Blogger