Akhirnya Regenerasi Cuy (ARC)

Sekian lama tak berjumpa. Rindu sekali rasanya ingin bertegur sapa. Saatnya kami kembali hadir ke muka. Dengan kebaruan yang tiada tara. Inilah kami: Pengurus ARC (Al Hikmah Research Center) FSI FISIP UI 2012.

Karena visi organisasi itu panjang membentang dan jauh dipandang. Karena gerak individu itu dibatasi oleh sekat-sekat ‘jatah perjuangan’. Siapa yang jadi apa itu hanya sementara dan regenerasi adalah bagian inheren dalam keberjalanan kita. Dulu saya, Muhammad Alfisyahrin, Sosiologi FISIP UI 2010, diamanahkan sebagai manajer kampanye di ARC 2011. Kini, saya, sejak hari kamis 26 Januari 2012, diamanahkan sebagai ketua ARC 2012. Dengan rekan kerja yang hebat-hebat, Nurul Utami (Ilmu Komunikasi 2009) sebagai wakil ketua, Hanif (Ilmu Hubungan Internasional 2010) dan Bani (Ilmu Kesejahteraan Sosial 2010) sebagai tim kajian, Anin (Ilmu Politik 2010) dan Ridho (Ilmu Komunikasi 2010) sebagai tim penulisan, serta Raysa (Ilmu Administrasi Fiskal 2009) dan Sherly (Kriminologi 2009) sebagai tim penelitian, langkah-langkah besar kami pun bermula.

Fitri (Ilmu Komunikasi 2008), Ketua ARC 2011, dalam sebuah momen pernah mengatakan bahwa tajuk ARC 2011 adalah tahun kebangkitan. Hal ini dimanifestasikan lewat rutinisasi kajian yang di tahun sebelumnya jarang dilakukan. Di tahun 2012 ini, Insya Allah dengan tajuk tahun perubahan, ARC akan melangkah lebih jauh untuk membangkitkan kembali generasi intelektual muslim.

Ada dua perubahan besar dalam ARC 2012 yang nantinya akan membawa dampak turun yang sistemik dan berkelanjutan. Pertama, perluasan lingkup kerja yang tadinya hanya kajian, kini kami juga merambah penulisan dan penelitian. Kedua, penghidupan kembali Study Group ARC sebagai satu komunitas yang dibina oleh Pengurus ARC sebagai wadah peningkatan kapasitas keilmuan di FISIP UI yang sempat hilang 3 tahun belakangan.

Sekarang, kami sedang dalam tahap rekrutmen Study Group ARC. Apa sajakah yang akan kami lakukan setahun ke depan? Tunggu kelanjutannya.

Salam hangat penuh cinta dari kami,
Pengurus ARC FSI FISIP UI 2012

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
Powered by Blogger